Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Kompor Gas Awet

Alat rumah tangga yang paling sering dipakai adalah kompor gas. Terutama Jika kamu sering memasak atau memiliki bisnis kuliner pasti sangat sering menggunakan peralatan masak satu ini. namun perlu kamu ketahui jika kompor gas tidak dirawat dengan baik, kompor akan mudah rusak dan tidak bisa digunakan.

Sumber Foto: https://alatrumahtangga.co.id/product/detail/14268.Kompor-Gas-Rinnai-RI-712-A

Kadang-kadang karena kita terlalu sibuk menyiapkan makanan perawatan kompor gas jadi terabaikan. Padahal, alat rumah tangga satu ini adalah peralatan yang paling penting. Jika rusak, tentu kita akan kerepotan karena tidak bisa memasak dan menyiapkan makanan dengan baik.

Biasanya kerusakan yang paling awal terjadi disebabkan karena korosi alias karat. Kompor gas yang dibiarkan kotor dan tidak pernah dibersihkan akan lebih mudah berkarat.

Jadi, hal yang paling utama dalam merawat kompor gas agar tetap awet adalah sering membersihkannya. Lalu, hindari melakukan beberapa hal ini jika kamu ingin kompor gas kamu tetap awet:

  • Membiarkan Peralatan Masak di Atas Kompor Terlalu Lama

Setelah memasak, usahakan segera turunkan peralatan kompor. Hindari membiarkan panci, wajan yang masih berisi masakan terlalu lama di atas kompor. Hal ini akan membuat kompor jadi lebih mudah rusak.

Pada dasarnya, alat rumah tangga akan lebih awet jika diperlakukan dengan baik. Nah, membiarkan alat masak di atas kompor begitu saja, bisa membuat kompor jadi rentan mengalami kerusakan. Kemungkinan besar, keseimbangan pada beberapa komponen kompor akan mudah terganggu.

  • Tidak Pernah Membersihkan Kompor Gas

Membersihkan kompor gas adalah kunci utama kalau kamu ingin alat rumah tangga satu ini awet. Seperti yang pernah dibahas di atas, kompor gas harus dibersihkan setelah selesai masak. Sebab, saat masak, kompor akan terkena percikan minyak, tumpahan kuah dan lain sebagainya.

Jika tidak dibersihkan, kompor gas jadi mudah berkarat, setelah itu jadi gampang rusak. Misalnya pada bagian tatakan kompor yang sering terkena tetesan kuah dan air. Kalau dibiarkan dan tidak dibersihkan lama-lama tatakan kompor gas bisa berlubang!

Bersihkan kompor sesaat setelah masak. Minimal di lap menggunakan air dan spons lembut, setelah itu, pakai lap kering untuk mengeringkan permukaan kompor. Untuk pembersihan secara menyeluruh, minimal sebulan sekali kalau kompor gas kamu sering digunakan.

Pembersihan kompor secara menyeluruh ini bisa dilakukan dengan melepas tatakan kompor dan mencucinya. Lalu bersihkan bagian tengah kompor dengan sikat dan cairan acid sitrun atau baking soda. Jangan lupa cek dan pantau bagian selang gas untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Tapi jangan khawatir, kalau tatakan kompor gas kamu udah terlanjur rusak atau bolong, kunjungi aja alatrumahtangga.co.id untuk mendapatkan berbagai pilihan tatakan kompor baru. Setelah itu, rawat dengan baik biar awet ya!

  • Membiarkan Kompor Gas Menyala Tanpa Digunakan Untuk Masak

Hindari menyalakan kompor gas tanpa ada peralatan masak di atasnya. Hal ini berbahaya karena api yang menyala tanpa bertemu peralatan masak bisa menimbulkan bau gas. Bahkan hal ini juga bisa memicu ledakan. Tentunya dengan begitu kompor gas kamu jadi enggak awet.

Nah, tiga hal itu harus kamu hindari jika ingin kompor kesayangan kamu rusak. Jangan pernah lakukan hal tersebut jika ingin kompor gas tetap awet ya. Lakukan perawatan pada alat rumah tangga yang kamu miliki secara berkala.

Kalau kamu ingin memiliki kompor gas yang berkualitas tinggi dan awet, kunjungi alatrumahtangga.co.id untuk mendapatkan berbagai pilihan peralatan masak hingga kebutuhan rumah lainnya. Selain kompor gas, alat rumah tangga lainnya juga tersedia loh!

Diterbitkan oleh alatrumahtanggapurwokerto

Jual aneka perlengkapan Alat Rumah Tangga Murah dan Berkualitas untuk anda. Website kami menawarkan berbagai macam produk kebutuhan alat rumah tangga ============================================================ Jual Alat Rumah Tangga Purwokerto - Murah dan Berkualitas ============================================================

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai